Kalahkan China, Veddriq Leonardo Raih Medali Emas Olimpiade 2024

JAKARTA - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, meraih emas Olimpiade 2024 nomor speed. Dia menyumbang emas pertama untuk kontingen Indonesia. Berlomba di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Kamis (8/8/2024) sore WIB, Veddriq menjalani final melawan atlet China, Wu Peng. Dia melintas di line B saat final.  Memanjat 15 meter, Veddriq, mendatatkan waktu 4,75 detik untuk mengalahkan Wu Peng.

Pada perebutan perunggu, Sam Watson dari Amerika Serikat menjadi pemenangnya. Dia mencatatkan waktu 4,77 detik untuk mengalahkan atlet Iran Reza Alipour.

“Yang pasti saya mengucapkan syukur Alhamdullilah, hari ini diberi kesempatan untuk mendapatkan emas ini. Saya bangga dan bahagia. Dan terima kasih juga saya ucapkan buat keluarga, tim Indonesia dan semua masyarakat  Indonesia atas doa dan dukungannya, sehingga saya bisa membawa medali emas pertama untuk Indonesia,” ungkap Veddriq Leonardo usai meraih medali emas Olimpiade 2024 nomor speed panjat tebing.

Dia menyampaikan bahwa medali emas Olimpiade 2024 ini dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia, tim, pelatih dan kedua orang tua, yang telah memberikan dukungannya.

“Yang pasti ini buat masyarakat Indonesia, buat pelatih saya, dan pastinya juga kedua orang tua saya yang tak henti-hentikan mendoakan dan dukungannya,” ucap dia. (red)