Maju Pilkada, Agus Tri Sutanto Ingin Jalankan Amanah Orang Tua

SAMARINDANama Agus Tri Sutanto di kancah politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mulai menggema. Bahkan sosoknya mulai diperhitungkan. Kenapa tertarik ikut Pilkada Samarinda 2024? Agus Tri Sutanto memiliki alasan tersendiri tetap ‘bertarung’ di Pilkada Samarinda sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota (Bacawali). Paling utama, alasannya karena ingin melaksanakan amanah orang tua.

“Saya masih ingin mengikuti Pilkada Samarinda 2024 sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota, karena ingin melaksanakan amanah orang tua,” ucap Agus Tri Sutanto saat ditanya alasan mendasar tetap ingin berkompetisi di Pilkada Samarinda.

Dia bercerita dulu semasa kedua orang tuanya masih ada, mereka selalu mengingatkan dan menanamkan kepada anak-anaknya agar selalu berbuat baik, serta bermanfaat bagi orang banyak.

“Kami dari keluarga sederhana. Meskipun begitu, orang tua saya berjuang mencari nafkah dan biaya, agar anak-anaknya memperoleh pendidikan tinggi,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa kedua orang tuanya beharap dengan pendidikan tinggi, maka anak-anaknya memiliki kedudukan tertentu. Sehingga, kedudukan tersebut bisa bermanfaat bagi orang banyak.

“Saat itu, orang tua saya menyampaikan, kalau kita hanya rakyat biasa, maka kita susah untuk beruat banyak bagi orang lain. Misal, menjadi Ketua RT. Kita pasti bisa beruat lebih banyak untuk orang lain, dibanding hanya seorang warga biasa,” kata dia.

Amanah orang tuanya selalu tertanam dalam diri Agus Tri Sutanto. Hingga akhirnya, Agus Tri Sutanto bersama 2 kakaknya diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Saat saya dan kedua kakak saya diterima sebagai PNS, orang tua saya sangat senang sekali. Ketika itu, orang tua saya mengatakan ini lah kesempatan untuk memberikan manfaat dan berbuat baik bagi orang banyak. Dan orang tua saya berpesan, supaya memanfaatkan kedudukan sebagai PNS untuk mengabdi kepada masyarakat,” ucap dia.

Namun, kata dia, orang tuanya selalu mengingatkan bahwa sebenarnya saat menduduki sebuah jabatan, bukan hal menyenangkan. Kenapa? Ada amanah yang harus dipikul dan wajib dilaksanakan.

“Semua amanah itu harus dipertanggungjawabkan dihadapan masyarakat. Dan kelak dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT. Karena itu, orang tua saya sempat mengatakan, apabila untuk beruat baik dan bermanfaat bagi orang banyak, cukup hanya menjadi rakyat biasa, maka sebaiknya kita memilih menjadi rakyat biasa saja. Tanpa harus menanggung beban amanah jabatan dari Allah SWT dan masyarakat,” ungkap dia.

Diketahui, selama menjadi PNS, Agus Tri Sutanto pernah menduduki jabatan penting di instansi pemerintahan. Seperti pernah menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pertambangan Samarinda, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Samarinda, dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Samarinda. Kini, Agus Tri Sutanto masih menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kota Samarinda. (*)