KIM Jahitan Layar Anggana Juara KIM Nasional

KUTAI KARTANEGARA - Komisi Informasi Masyarakat (KIM) Jahitan Layar Kecamatan Anggana berhasil menjadi juara nasional pada kompetisi pembuatan Konten Platform Website KIM.id se-Indonesia.

Kompetisi pembuatan konten platform KIM.id yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 Juni 2024 di Kota Kendari  Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hasil kompetisi tersebut diumumkan oleh Kemenkominfo RI pada hari Selasa, 2 Juli 2024. KIM yang berhasil menjadi juara adalah :

1. Kim Jahetan Layar, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

2. Kim Ponggiha Madani Agriculture, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara

3. Kim Kata Kita, Kendari , Sulawesi Tenggara

4. Kim Mangun Karya, Panajam Pasir Utara, Kalimantan Timur

5. Kim Puncak Sanisani, Kolaka, Sulawesi Tenggara

Sebelumnya berdasarakan Permen Kominfo RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 Tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, tanggal 1Juni 2010. KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) atau kelompok lainnya adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kratif yamng aktifitasnya melakukan pengelolaan nformasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Melalui pemberdayaan diharapkan mampu mendorong kelompok-kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar meberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

Dalam konsep ini bagaimana pemberdayaan terjadi melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses dan pendayagunaan informasi tersebut melalui kelompok.

Salah satunya KIM Jahetan Layar Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara Kukar berhasil meraih prestasi Juara 1.

Kompetisi tersebut diselenggarakan merupakan upaya aktivasi KIM di Kabupaten dan Kota di Indonesia agar aktif memberikan informasi kepada Pemerintah dan masyarakat.

Ketua KIM Jahetan Layar Anggana Sanubari mengatakan, kemenangan ini merupakan satu keberhasilan warga Kutai kartanegara khususnya warga Anggana.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami, selama ini baru pertama kali kami mengikuti lomba yang diselenggarakan Kemenkominfo RI dan yang pertama kali pula kami dianugerahi penghargaan Terbaik Bidang Pembuatan Konten Platform KIM.id," kata Syam.

Penghargaan ini lanjut Syam tentunya diberikan kepada warga Kukar dan rasa terima kasih di diberikan khusus kepada Dinas Kominfo Kukar diwakili Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi Heriyanto yang mendampingi dan memberikan dukungan selama mengikuti lomba.

"Semoga KIM Kukar bisa terus aktif dan berkontribusi dalam kemajuan informasi dan media. Semoga keberadaan KIM bisa dirasakan manfaatnya secara luas oleh Pemerintah dan masyarakat Kukar," tegas Syam .

Melalui kegiatan ini diharapkan terbentuknya pemahaman yang sama terhadap pentingnya membangun akses informasi public melalui organisasi KIM, memberikan pemahaman dan wawasan kecerdasan intelektual dalam penyerapan informasi publik di masyarakat, dan menggalang keterbukaan informasi publik dalam satu pintu keseragaman sumber daya konten informasi publik. (Adv/Diskominfo Kukar)