Kapolda Minta Polres di Kaltim Punya Lapangan Tembak

SAMARINDAAntusias peserta Lomba Menembak Kapolresta Samarinda Cup dalam rangka Hari Bhayangkara 1 Juli 2024 membuat Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto menginstrusikan jajarannya di tingkat Polres se-Kaltim memiliki lapangan tembak.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto terlihat sangat antusias saat mencoba lapangan Tembak Polres SAmarinda di depan Kantor Camat Palaran Samarinda.

Setelah mencoba menembak sasaran  yng berada di lapangan tembak 3, Kapolda Kaltim mencoba melakukan tembak reaksi dilapangan tembak 4 yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Bahkan Kapolda Kaltim harus berulang kali mencoba. Hingga akhirnya berhasil  menuntaskan tantangan.

Didampingi Kapolres Samarinda Kapolda Kaltim Nanang Avianto mengatakan bahwa lapangan tembak milik Polresta Samarinda cukup baik. "Ya karena ini menjadi salah satu yang kita pergunakan ini di kepolisian itu adalah senjata api jadi kita juga harus benar-benar tahu cara menggunakannya, dengan cara yang benar dan tidak bisa sembarangan," kata Kapolda Kaltim usai memenangi kompetisi menembak tingkat TNI Polri dilapangan tembak Polres Kukar di Palaran, Minggu (2/6/2024).

Nanang mengatakan bahwa mahir menembak bukan saja tuntutan profesionalisme sebagai anggota Polri, namun ini bagian dari upaya melatih fokus dan konsentrasi dan disiplin bagi anggota Polri.

"Dan itu harus berlatih, berlatih dan berlatih. Ini pun harus  kita tularkan kepada para anggota Perbakin yang nantinya akan ikut berlatih di Lapangan Tembak di Polres Polres di Kaltim sebagai upaya pembinaan terhadap para atlit menembak," jelas Nanang.


Disinggung soal kegiatan lomba menembak  di Polresta Samarinda,  Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan bahwa kejuaraan ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara. Dan bagian dari kegiatan Peduli Bhayangkara sebagai perlombaan. Salah satu eventnya adalah lomba menembak.

Selain itu, lanjutnya masih banyak even olahraga lainnya yang dilaksanakan sebagai upaya untuk membangkitkan semangat sportivitas. "Kita harus tanamkan sikap sportifitas dari sekarang karena  kita mempunyai badan sehat jiwa yang kuat, dan pastinya dalam melaksanakan semua kegiatan-kegiatan Juga semua akan positif," tegas dia.

Dia mengaku suprises melihat animo dari masyarakat yang lumayan banyak dan terus ada penambahan hingga ada 90 lebih peserta yang ikut. Ini kejuaraan awal dan pertama di Kaltim dan sesuai jadwal akan ada lomba lanjutan di Balikpapan, sebelum para atlit mengikuti lomba menembak tingkat dunia di Bali pada bulan November mendatang.

"Ini luar biasa sekali apalagi dalam waktu dekat akan ada kejuaraan dunia menembak yang akan dilakukan di Bali, dan hari ini merupakan ujian awal bagi peserta untuk mengasah kemampuannya sebelum bertanding di even sebelumnya, " tegas Nanang.

Sementara itu, Ketua Perbakin Kaltim Roy Nirwan memberi apresiasi kepada jajaran kepolisian yang telah mengadakan lomba menembak di Kaltim. "Ini kegiatan yang luar biasa baik untuk perjuangan para atlit Perbakin yang akan mengikuti kejuaraan tingkat nasional maupun Internasional ditahun 2023," kata Roy Nirwan.

"Ini kegiatan yang bagus ya, setelah  lama kita nggak ada acara, sekarang kita adakan dengan seperti ini bagus karena kita ada pemanasan bulan September nanti akan ada  acara Austral Asia itu level 4 di Bali nah level 4 ni kan  internasional minimal pemanasan," tambah dia.

Disinggung mengenai peluang dari atlet Kaltim Roy Nirwan Optimis atlet Kaltim akan mampu berbicara banyak dalam kejuaraan  dunia. "Kalau peluang ini kan kejuaraan dunia jadi kita sendiri harus banyak belajar minimal pengalaman mereka jadi ada," kata Roy Nirwan.

Sedangkan Kapolesta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli mengatakan bahwa kejuaraan menembak Piala Kapolresta Samarinda  ini diikuti 94 peserta dari beberapa daerah di Kaltim. Bahkan ada beberapa peserta dari luar Kaltim.

"Ini baru awal kedepan akan ada lagi even even menembak yang akan kita laksanakan sebagai upaya untuk menjaring bibit bibit berbakat olahraga menembak di Kota  Samarinda dan Kaltim pada umumnya," kata Ary Fadli.

Lomba ini dilakukan selama dua hari dengan menampilkan beberapa kategori dengan berbagai tantangan bagi para peserta yang mengikuti. Untuk pemenang olahraga menembak target untuk tingkat VIP  Polri dan TNI dimenangkan oleh Kapolda Kaltim Irjen Poll Nanang Avianto, Sementara untuk VIP Sipil dimenangkan oleh Jumransyah Fiani salah satu atlit menembak andalan Kaltim. (red)